ORGANISASI, yaitu merupakan kata yang seringkali kita dengar diberbagai tempat maupun kegiatan. Dalam berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak perlu adanya pembagian tugas pada para anggotanya sebagai upaya mengefektifkan kinerja organisasi yang bersangkutan. Sebab apabila tidak ada pembagian tugas yang benar, maka sebuah organisasi di bidang apapun tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan.
Ada beberapa definisi organisasi antara lain :
- Prof Dr. Sondang P. Siagian,      mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua      orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam      rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang      mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang /      sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
 - Drs. Malayu S.P Hasibuan      mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur      dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan      tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah      saja.”
 - Prof. Dr. Mr Pradjudi      Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan      struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang      bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
 
Dengan demikian jelaslah bahwa di dalam suatu organisasi perlu adanya kesamaan visi dan misi serta koordinasi yang harus terjalin terus menerus dengan baik antar para anggota maupun dengan pimpinan organisasi. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan demi kelancaran jalannya sebuah organsisasi tersebut, antara lain :
- Sebuah organisasi harus      memiliki pimpinan dan bawahan,
 - Perlu adanya kerja sama dan      koordinasi yang baik,
 - Memiliki Visi dan Misi yang      menjadi tujuan organisasi,
 - Adanya pembagian tugas dengan      baik pada para anggotanya,
 - Memahami mekanisme proses      pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling      atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan      memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi      wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.
 
Apabila beberapa ketentuan di atas dapat dipahami dan dijalankan dengan baik, maka sebuah organisasi bidang apapun akan mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sehingga tujuan organisasi mampu dicapai secara maksimal.
Kutipan :
"Sependapat dengan artikel tersebut. Kenapa? Karna bila suatu Organisasi tidak mempunyai pemimpin dan bawahan, siapa yang akan memimpin ? dan apa yang dipimpin jika tak ada bawahan?. Dan suatu organisasi juga harus mempunyai Visi & Misi. Jika tidak memiliki hal tersebut Organisasi tidak berjalan sesuai dengan apa yang dituju. Dan untuk apa organisasi dibuat? betul tidak!"
 
Sumber : http://dhani2009.wordpress.com/2011/01/01/beberapa-hal-yang-penting-dalam-organisasi/
Kutipan :
"Sependapat dengan artikel tersebut. Kenapa? Karna bila suatu Organisasi tidak mempunyai pemimpin dan bawahan, siapa yang akan memimpin ? dan apa yang dipimpin jika tak ada bawahan?. Dan suatu organisasi juga harus mempunyai Visi & Misi. Jika tidak memiliki hal tersebut Organisasi tidak berjalan sesuai dengan apa yang dituju. Dan untuk apa organisasi dibuat? betul tidak!"
Sumber : http://dhani2009.wordpress.com/2011/01/01/beberapa-hal-yang-penting-dalam-organisasi/




0 Comment:
Posting Komentar